TEKNIK ANIMASI TEKS MENGETIK - Coretan Kuliah

Senin, 03 Desember 2012

TEKNIK ANIMASI TEKS MENGETIK



hasil compile an bisa di download disini http://aguselek.tk/upload/datafile/teksmengetik.rar



Tentunya kita sering kita melihat suatu program menampilkan pesan  teks \ tulisan yang dapat mengetik sendiri, nah sekarang kita akan mencoba membuat program yang sama, dengan bantuan IDE Delphi. Untuk membuat program yang dapat menampilkan pesan seperti itu, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memahami alur dari program yang akan kita buat. Sebenarnya banyak jalan menuju roma, mungkin pepatah tersebut sering kita dengar dan pada hari ini kita akan membuktikanya. Terdapat bermacam-macam cara untuk membuat program untuk menampilkan animasi teks yang terlihat seperti bisa mengetik sendiri. Tapi kita akan menggunakan satu cara saja yang dirasa paling praktis dengan bantuan component timer.
Ok, mari kita mulai pembuatan programnya.

Langkah pertama mari kita buat project baru di Delphi

Pada form tambahkan komponen timer dengan nama “Timer1” dan juga label dengan nama “Label1”. 
seperti gamabar dibawah ini :




Kemudian tambahkan variable berikut ini :

var
  tulisan:string='selamat datang di program teks mengetik sendiri by. Agus M.R.';
  i:integer=0;

pendeklarasian di atas tempatkan pada bagian global deklarasi di bagian paling atas, biasanya diawali dengan keyword var , variable tersebut nanti kita butuhkan untuk pembuatan procedure pada timer. Pada variable tulisan digunakan untuk menampul teks yang akan di tampilkan.

Bagian selanjutnya tambahkan procedure timer yang akan menampilkan animasinya

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
         i := i +1;
         label1.Caption := copy(tulisan,1,i) + '_';
         if (i=length(tulisan)) then
         i := 0;

end;

procedure di atas digunakan untuk membuat animasi teks, fungsi copy() di atas digunakan untuk meng-copy tulisan dimulai dari 1 hingga panjang i , nah i disini mengalami perubahan nilai dari 0 hingga i+1, dalam artian nilai i akan selalu mengalami penambahan hingga nilai i = panjang dari tulisan, setelah itu nilai I akan di reset ke nilai 0 kembali.

setelah selesai kita compile code nya dan hasilnya seperti gambar dibawah ini



Saya kira sampai disini dulu latihan kita, semoga bermanfaat bagi semua,

Salam hangat,


Agus Minanur Rohman,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar